6 Cara Mencari Ide Postingan Blog Agar Tidak Kehabisan Topik




Saya merupakan seorang penulis aktif Blog. Namun, inilah yang menjadi kendala saya. Ide. Blog saya hanya memiliki 1 tema. Ketika postingan saya sudah mulai banyak. Saya kehabisan ide untuk membuat postingan. Hingga saya berhenti sejenak dari blog yang saya tekuni. Apakah ada cara mencari ide postingan agar kita tidak kehabisan topik ?
Mungkin, sobat sedang mengalami permasalahan seperti di atas. Permasalahan seperti ini sering terjadi pada Blog atau Web yang konsisten terhadap 1 atau 2 tema yang ada di Blognya.

Mencari ide itu sebenarnya susah-susah gampang.

Masa sih ?

Karena Ibarat mencari paku yang masih baru diantara tumpukan paku yang sudah berkarat. Jika kita tau cara mencarinya, ya mudah saja bagi kita menemukanya.

Coba pake senter, atau kita tumpahin tuh semua paku lalu kita tata agar tersebar sehingga tidak saling menutupi.

Sebenarnya seperti itulah mencari ide. Dan sebenarnya hidup kita ini kaya akan ide-ide. Jangan sampai problem hidupmu yang bagai paku berkarat menghalangi ide yang ada didalamnya.

Kalau penyair melihat burung yang makan diatas ranting pohon aja sudah bisa jadi syair. Pembuat lagu melihat sobat yang sampai sekarang masih nge jomblo aja udah bisa bikin lagu. Jadi mencari ide sebenarnya tidak hanya berkutat dengan fikiran sendiri. Namun, mencari inspirasi dari sekitar kita untuk mendapatkan ide.

Dan inilah tips dan trik yang juga dipraktekan oleh beberapa blogger yang sukses menjulang trafik. Dan kita sering menemukanya pada pencarian teratas.


1. Jangan Malas



Sobat malas dalam berbuat kejahatan ? Top banget.

Sobat malas untuk berusaha ? ini nih yang perlu dihindari. Sebenarnya penulis agak malas juga membahas topik yang pertama ini. Namun, apalah daya karena faktor malas inilah yang menjadikan kita menyia-nyiakan kesempatan.

Ingat, semua keberhasilan tidak dimulai dari berdiam diri. Namun, di mulai dari action.

Tidak ada orang yang malas, tidur-tiduran lalu saat bangun dia berteriak " aku berhasil mendapatkan hati wanita yang aku taksir" Namun, setelah bangun dari mimpinya ternyata badan basah di guyang air emaknya.

Intinya, ga perlu dijelasin sedalam-dalamnya deh. Pokoknya jangan malas, kalo udah pokoknya ya pokoknya. hehe..


2. Perdalam Ilmu



Semua tips dan trik dari para mastah ini, sebenarnya sudah saya rangkum dalam satu kesimpulan. Semakin banyak ilmu yang kamu dapatkan, maka semakin adanya peluang ide muncul dalam benak kamu lebih besar.

Saya beri contoh. Saya mempunyai blog tentang kesehatan. Saya bukan seorang dokter.

Sahabat bisa melihat dari bagaimana saya membalas komentar. Contoh artikel pada "4 Cara Mengatasi Flu dijamin top cer".


" Bermanfaat sekali gan, tetapi Flu saya tetap membandel, kira-kira apakah ada alternatif lain ya ?"

Kira-kira jawaban dari saya apa ? Ingat saya bukan dokter. Anggap saja saya hanya orang yang memiliki ilmu kesehatan ala kadarnya dari google.


" Coba periksa ke dokter aja gan" Kira-kira jawaban saya begitulah.

Tetapi coba lihat, ketika sahabat menemukan web resmi tentang kesehatan yang isinya, authornya adalah dokter. Jawabanya pun akan lebih rinci dan langsung memberikan solusi.

Jadi, semakin banyak ilmu yang kamu kuasai, pembahasan dan ide artikel akan mudah di temukan.



3. Bergabung dalam Komunitas sesuai niche blog kamu



Kamu bisa bergabung dengan komunitas yang membahas sama persis dengan niche blog kamu.

Kamu bisa bergabung dengan komunitas di dalam jejaring sosial Facebook, Twitter, Google +, BBM Grup dan tentu banyak yang lainya.

Semisal blog saya bertemakan masih seputar kesehatan. Maka cari saja grup di Facebook, Twiter, Google + seperti, Sehat ala Rosulullah SAW, Sehat itu Mudah, Halo Dokter dan masih banyak.

Setelah kamu menemukan komunitas-komunitas tersebut. Bergabung dan coba aktif dalam setiap postingan pada grup tersebut.

Kamu bisa memberi pendapat dan juga belajar dari orang lain yang lebih banyak ilmunya dari kita.

Disitulah peluang mendapatkan ide.

Semisal saja. Pada suatu hari, Mr. V ( Nama samaran ) membuka grup Facebook kesehatan. Dia mengamati komentar-komentar.


Pemosting :" Ternyata Minum Air Putih Bisa Menyebabkan Kematian, Jika..."
Komentator 1 :" Baru tau gan, ternyata air putih bisa menyebabkan kematian. "
Komentator 2 :" Masa sih ? bukanya malah menyehatkan ?"
Komentator 3:" Coba baca agar lebih Jelas dulu"


Di situlah Mr. V bisa mencari Ide untuk artikel tentang kesehatanya. Tanpa menyamai artikel pemosting.

Apa saja ?

1. Ternyata Gagal Faham Dapat Mengganggu Kesehatan Jiwa | 2. Curiga Tanpa Bukti. Salah Satu Penyakit Berbahaya Bagi Kesehatan Jiwa | 3. Manfaat Membaca yang Luar Biasa Bagi Kesehatan
Nah lo, saya saja sudah dapat 3 ide postingan. Simple bukan ?

Selanjutnya kita hanya tinggal memperdalam ilmu sesuai ide tersebut agar ide tersebut dapat kita kembangkan lebih informatif lagi bagi para pembaca.

Komunitas yang saya maksudkan disini, tidak hanya komunitas dari medsos. Bisa juga kita ikut dalam suatu komunitas nyata. Seperti Palang Merah Indonesia, Ikatan Mahasiswa Kesehatan, Pemberdaya Kesehatan Masyarakat dan lain sebagainya.


4. Mencari Ide Melalui Trending Saat Ini






Mencari Ide sesuai trending saat ini ?

Pasti ramai dipencarian. Namun, bagaimana jika Blog kita tidak bertemakan seputar trending ?

Masih bisakah kita mendapatkan ide ? Tentu. Untuk mengetahui Trending saat ini di Indonesia kita bisa membuka google trending untuk negara Indonesia.



Hari ini tanggal 3 Agustus 2017, Indonesia sedang trending kata pencarian tora sudiro. Kita coba baca artikel tentang pembahasanya.

Ternyata kasus narkotika. Karena Blog saya tadi ialah Blog Niche Kesehatan. Maka tema Narkotika ini sangat cocok bagi niche saya.

Munculah ide artikel seperti ini, " 5 Bahaya Narkotika Bagi Kesehatan"

Pasti akan muncul kesan, " Sepertinya kurang menarik. Topik seperti ini terlalu umum."

Maka kita bisa menggunakan trending topik tadi untuk dijadikan ide.


" 10 Hal yang Mempengaruhi Beberapa Artis Tersandung Kasus Narkoba"

Hm.. cukup mendekati trending bukan ? Ini hanya sekedar ide, untuk judul silahkan kita buat semenarik mungkin.

Masih Kurang ?

Baiklah beralih ke trending topik ke 2. Trending topik yang ke 2 ialah Neymar. Wuih adek gue disebut-sebut hehe.

Akan tetapi ini tema, cocoknya untuk niche blog olahraga.

Bisa kok kita jadikan niche kesehatan. Yakin bisa ? Pokoknya bisa aja dah.

Dengan menggabungkan niche kesehatan dengan trending topik kita bisa membuat ide kesehatan yang sesuai trending.


" 12 Cara Sehat ala Neymar Jr" ketemu satu
" 12 Tips Menjadi Atlit Sepak Bola yang Selalu Fit ala Neymar Jr." ketemu lagi.
" Ingin Sehat dan Lincah seperti Neymar Jr ? Yuk Berguru Pada Ahlinya." Nah, ini dia.

Keren-keren. Kita sudah dapat 3. Lalu pembahasanya ? ya itulah yang kita harus cari. Kita bisa mengambil referensi dari apapun, bahkan kita bisa mengambil referensinya dari informasi seminggu,sebulan atau bahkan tahun lalu.

Dari mana kita mendapatkan informasi sesuai ide diatas ?

Kita bisa melakukan pencarian di google, Melihat vidio Neymar JR. Jadi tidak sulit bagi kamu untuk mengembangkan kata-kata artikel dari ide tersebut.


5. Keluar Rumah



My Life my adventure boleh deh.

My trip tergantung duit jujur banget sih. hehe..

Tips nomor 5 ini saya tidak mendapatkanya dari para master Blog. Tips ini saya dapatkan secara tidak sengaja.

Kemarin malam saya sangat antusias menonton anime. Lalu keesokan paginya saya sekedar lewat di depan pasar tradisional.

Nah, tiba-tiba ilham ide itu datang.


" Bagaimana jika membuat postingan : 5 Anime ini Mengajarimu Bagaimana Menggunakan Uang"

Wih, jarang sepertinya. Ya, karena itulah sampai saat ini saya belum membuatnya. hehe.

Bagi sahabat yang mengikuti akan anime, pasti tahu salah satu pesan ibu naruto atau Kushina kepada naruto saat kecil ialah agar dia menghemat keuanganya, karena untuk menjadi ninja yang hebat ( meraih mimpi ) akan sulit bila naruto boros.

Dari anime One Piece contohnya, kita bisa belajar dari kru mugiwara ketika bersiteru ingin berganti kapal yaitu Going Merry karena sudah tidak mungkin dipakai lagi.

Maka nami yang begitu pelit dengan uangnyapun setuju untuk berganti kapal. Dari sini kita dapat belajar orang yang hemat bukanlah orang yang menyimpan hartanya ketika ada sesuatu yang dia butuhkan. Berbeda dengan yang dia inginkan. Karena yang dibutuhkan biasanya mendesak. Sedangkan yang di inginkan belum tentu dibutuhkan.

Super sekali bukan ? kata franky.



6. Ide dari Pertanyaan Pembaca



Tidak ada salahnya kita menjadikan pertanyaan dari pembaca atau visitor blog kita menjadi sebuah artikel.

Bisa saja pertanyaan itu mewakili banyak orang. Dan yang penting dapat bermanfaat.

Cara seperti ini, biasanya akan efektif untuk menunjang kepuasan pengunjung. Karena jawaban yang mereka cari sudah disediakan di blog ini.

Tidak sedikit pembaca kita yang tidak menemukan jawaban dengan penjelasan artikel kita. Akhirnya dia menyempatkan diri mencari jawaban di kolom komentar.

Semisal, masih dengan blog mr. V seputar kesehatan. Dengan artikel " 4 Cara Mengatasi Flu Terbukti Top Cer"




Pertanyaan yang muncul : " Bisa di coba nih, Kalau pencegahanya gimana nih gan ? Masa Harus Nunggu sakit dulu baru bertindak.

Bagaikan tersambar petir. Jedhar!!

Akhirnya Mr. V menyempatkan membuat artikel sesuai ide dari pertanyaan pengunjungnya.

Besoknya artikel sudah jadi, dan dia paste di bawah pertanyaan pengunjung tersebut.


Baca Juga : 2 Cara Simple Untuk Memastikan Ide Tulisan Blogmu Menarik Untuk Dibaca



Akhir Kata ...


Itulah beberapa tips yang saya uraikan dan sudah saya praktekan sampai saat ini. Saya sendiri sudah mengaplikasikanya pada 2 Blog saya.

Termasuk blog ini, akan tetapi untuk blog ini. Karena blog pertama saya. Maka jangan kaget bila ada postingan lama saya yang terlihat amburadul dan kurang menarik.

Sengaja tidak saya edit. Agar kelak ketika blog ini sudah menempuh perjalanan jauh ( cie ) saya masih bisa tersenyum bernostalgia dengan artikel jadul saya.

Yah, semoga sedikit pemaparan diatas bisa menjadi salah satu cara bagi sahabat-sahabat penulis. Dan tentu saja bisa menambah semangat kamu untuk nge blog.

Tanpa kamu orang-orang kudet tak akan mendapat informasi. Tanpa kamu yang rela duduk berjam-jam hanya untuk menebar manfaat maka tidak akan cepat selesai masalah orang-orang yang belajar dari google.

Semangat Blogger ^_^

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter